Cool Blue Outer Glow Pointer
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday 13 January 2016

Laporan Studi Kasus Optimalisasi Peran Fungsi Masjid


LAPORAN STUDI KASUS
OPTIMALISASI PERAN FUNGSI MASJID MANARUL ILMI ITS
DALAM PENINGKATAN DAKWAH ISLAM


Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim sekaligus pusat kehidupan komunitas muslim. Seiring dengan pertumbuhan masjid dan tantangan perubahan zaman yang semakin cepat, pengelolaan masjid menuntut manajemen yang baik. Apabila Peran Masjid dikelola secara benar maka akan muncul daya tarik bagi umat Islam untuk berkunjung dan membawa dampak positif bagi berkembangnya fungsi masjid dari sekedar tempat shalat menjadi tempat pengembangan dakwah, berkomunikasi, bersilaturrahmi, membina ukhuwah Islamiyah dan aktivitas lainnya yang berguna. Diperlukan adanya pembaharuan dan pengembangan dalam hal pemahaman masjid. Dimana masjid tidak boleh hanya diartikan hanya sebagai tempat sujud (shalat) saja, tetapi kita juga harus memahami bahwa masjid juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk berdakwah dan kegiatan-kegiatan sosial.

Apabila kita mencermati kondisi Masjid Manarul Ilmi ITS Surabaya, sudah saatnya masjid sebagai media dakwah diupayakan pada peningkatan peran dan fungsi masjid sebagaimana media untuk meningkatkan dakwah Islam. Kegiatan-kegiatan dakwah yang bersifat perbuatan nyata (bil hal) melalui masjid sebenarnya tercakup pula dalam kegiatan kegiatan di dalam rangka pembinaan umat. Oleh sebab itu peran fungsi masjid bukan hanya untuk sekedar tempat shalat, tetapi juga digunakan untuk hal keislaman seperti contohnya sebagai tempat berdakwah. Di dalam proses optimalisasi peran dan fungsi masjid terdapat faktor pendukung dan penghambatnya, baik itu secara internal maupun eksternal.

Begitulah ringkasan dari Laporan yang telah saya buat, untuk lebih jelasnya dan file lengkapnya, dapat diunduh dibawah ini:
Makalah Laporan Studi Kasus : [Download Disini]
PPT Laporan Studi Kasus : [Download Disini]
Kuesioner Laporan Studi Kasus : [Masuk Disini]
Makalah + PPT + Kuesioner Laporan Studi Kasus : [Download Disini]



No comments:

Post a Comment